We capture the moment.
You share the HAPPINESS.

Tips and Trick | Pahami Gear Anda, Kenali Medan Tempur




Semenjak rilisnya kamera Canon EOS 5D Mark II ke pasar pada September 2008, berbondong-bondong orang membeli dan menggunakan kamera ini. Mulai dari pengguna rumahan, fotografer profesional, videografer, DOP, bahkan banyak rental house di Jakarta yang menyediakan penyewaan kamera ini.

Selain keunggulan sensor full frame yang dimilikinya, kamera ini laris terjual karena fitur video recording-nya yang banyak diburu orang. 1920x1080 High Definition video recording yang ditanamkan pada kamera ini, membuat kamera ini menjadi kamera 'pasaran'.        
                                                                                  
Dalam dunia kamera video. Di tahun yang sama, Sony merilis kamera teranyarnya seri XDCAM EX dengan tipe PMW EX3. Versi upgrade dari pendahulunya PMW EX1 ini juga terhitung cukup laris di pasaran.

Dengan kualitas 1920x1080 High Definition video recording serta fitur baru interchangeable lens system membuat EX3 juga banyak diminati rental house di Jakarta.

Fitur over dan under cranking serta kemudahan pemakaian karena sudah menggunakan media rekam berupa SxS Card menjadi nilai tambah bagi kamera ini.

Kenali medan tempur Anda. Jangan memaksakan menggunakan kamera DSLR untuk liputan video yang notabene membutuhkan kecepatan dan efisiensi waktu terutama bila Anda bekerja sendiri dan memerlukan beragam jenis shot dari sudut pengambilan gambar luas dan dekat dengan objek hingga sudut pengambilan gambar sempit dan jauh dari objek. Tentu Anda tidak mau kehilangan momen penyematan cincin pernikahan klien Anda dikala posisi Anda jauh dari mereka, perlu mengganti lensa, dan Anda kerepotan sendiri dengan bawaan-bawaan Anda.
Contohnya teaser program ‘Castrol King of The Street Touring Diary’ ini yang saya buat untuk Younameit! Production dan Castrol Oil. Kondisi dan situasi produksinya lebih cenderung ke gaya video liputan yang memerlukan efektifitas dan efisiensi waktu dan energi sehingga lebih cocok menggunakan kamera video dengan range lensa yang lebih fleksibel.


Lain halnya bila Anda akan shooting untuk sebuah produksi yang terencana dengan matang, sudah terkonsep, dan punya timeline yang jelas. Contohnya shooting sebuah video clip, ftv, company profile, dsb. Tentunya Anda bisa memperkirakan shot apa saja yang Anda butuhkan, pembagian waktu pengambilan gambar, serta teknik pengambilan gambarnya. Dengan begitu Anda bisa menjadikan kamera video DSLR sebagai senjata tempur Anda. Selain look videonya yang lebih istimewa, dengan menambahkan beberapa aksesoris pada kamera DSLR tersebut seperti DSLR rigs, matte box, berbagai macam filters, dsb akan membuat kamera tersebut tampak lebih gagah dan tentunya mendongkrak image Anda dihadapan klien.

Sony PMW EX3 dengan Pro35 PS Technik, Lensa Arri, focus puller, dan matte box


Canon EOS 5D Mark II dengan rigging, focus puller, dan matte box


Contohnya video klip ‘Hijab I’m in Love’ yang juga saya buat untuk Younameit! Production. Semua shot sudah dirancang sedemikian rupa sebelum hari-H sehingga eksekusi di lokasi shooting juga bisa diperkirakan. Director dan saya selaku Director of Photography bisa memperkirakan kamera jenis apa dan lensa apa yang akan digunakan.

5D Mark II is not a god!
Kenali medan tempur, pilih senjata Anda, dan tetap berkreasi!



Unknown Unknown Author

Follow our instagram:

Follow our instagram

Follow our twitter:

Popular Posts